Ratusan Mahasiswa IAI Nusantara Batanghari Ikuti Ujian Komprehensif
  • pdti iain bth
  • 13 Maret 2022
  • 28 x

MUARABULIAN-Ratusan Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batanghari melaksanakan ujian Komprehensif. Ujian Komprehensif sebagai syarat mengikuti ujian skripsi sebagai ahir dari tugas perkuliahan. Selasa (08/03).

Jumlah Mahasiswa yang mengikuti ujian Komprehensif tersebut sebanyak 330 Mahasiswa, terdiri dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 45 Mahasiswa, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 112 Mahasiswa, PIAUD 87 Mahasiswa, TBI 1 Mahasiswa, Hukum Ekonomi Syariah (HES) 43 Mahasiswa, Perbankan Syariah (PSY) 4 Mahasiswa, Ekonomi Syariah (ESY) 38 Mahasiswa.

Ketua Panitia Ujian Komprehensif Tahun Akademik 2021/2022 M.Syadli.,S.T.h.I.,M.A mengatakan Mahasiswa diwajibkan mengikuti ujian komprehensif dan harus lulus. Ini sebagai syarat mengikuti ujian skripsi sebagai tugas ahir perkuliahan.

“Ujian komprehensif menuntut mahasiswa untuk mampu menguasai teoritik dan praktik ilmu yang didapat mahasiswa selama menempuh pendidikan, berupa materi keislaman, materi jurusan berkaitan dengan penguasaan pengetahuan tentang pendidikan dan kependidikan, serta materi Program Studi,"ungkap M.Syadli.

Tujuan untuk dilakukan Ujian Komprehensif sambungnya untuk mengetahui tingkat penguasaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai suatu kompetensi yang melekat pada seluruh mahasiswa Institut Agama Islam Nusantara Batanghari.

“Peserta yang mengikuti kegiatan Ujian Komprehensif ini adalah mahasiswa semester Tujuh dari berbagai program studi (Prodi) yang telah selesai mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) beberapa waktu yang lalu,"tuturnya.

Teknik ujian sendiri mahasiswa dihadapkan dua orang Penguji. Penguji pertama merupakan muatan materi keislaman, seperti hapalan ayat-ayat suci Al-Qur'an, sedangkan penguji kedua sesuai keahlian ilmu jurusan.

Tambah M.Syadli, Ujian ini dilakukan agar mengetahui sejauh mana tingkat kompetensi dan keahlian mahasiswa sesuai dengan spesifikasi jurusan/program studi masing-masing dan juga sebagai persyaratan ujian skripsi.

"Ujian komprehensif selain dapat mengukur tingkat penguasaan materi kuliah bagi mahasiswa semester akhir juga memberikan khazanah keilmuan dalam praktek ibadah sehari - hari,"Pungkasnya.(rza)