Pengumuman
02 Maret 2022 JADWAL PERKULIAHAN SEMESTER GENAP TA. 2021/2022       27 Januari 2022 Jadwal Ujian Skripsi Tahun 2022       05 November 2021 PENGUMUMAN : INFORMASI NOMOR INDUK MAHASISWA (NIM) ANGKATAN TAHUN 2021/2022       23 Oktober 2021 KMA PAK untuk Lektor Kepala dan Profesor Rumpun Ilmu Agama       22 Oktober 2021 Pengumuman Pelaksanaan Yudisium IV Wisuda XXI      
Berita Terbaru

INFORMASI DINAS

Artikel

PROMOTING THE STUDENT’S CRITICAL THINKING By AdangRidwan, M. Pd

Teaching provides an opportunity for continual learning and growth. It includes any technique that involves the students in learning process and holds students to be responsible for their own learning (Hackathorn, at al. (2005:44). Teacher may have many experiences of active teaching techniques at their disposal, perhaps without even being aware of them, by asking questions as a part of normal teacher style. Patricia (1992:179) stated that some teachers emphasize the use of question and answer t Selengkapnya »

Pembelajaran Dengan Pendekatan Komunikatif Oleh: Dr. M. Yusup, M.Pd

Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan salah satu pilar upaya peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Upaya peningkatan mutu pendidikan adalah bagian terpadu dari upaya peningkatan kualitas manusia, baik aspek kemampuan, kepribadian maupun tanggung jawab sebagai warga negara. Mutu pendidikan sangat bergantung kepada kualitas guru dan praktik pembelajarannya sehingga peningkatan kualitas pembelajaran merupakan isu mendasar bagi peningkatan mutu pendidikan secara nasional. Selengkapnya »

HIJRAH DAN CANDU-CANDUNYA; Cadar Sebagai Alat atau Hanya Candu ? Oleh : Fajri Al Mughni, L.c., M.Ud.

Saya akan memulai dengan definisi Hijrah dan candu. Abu Husayn Ahmad ibn Faris ibn Zakariya (1979:24) Terminologi hijrah dapat ditelaah melalui berbagai dimensi. Secara etimologis, katahijrah berasal dari bahasa Arab yang pada dasarnya tersusun dari huruf-huruf ha, jim dan ra’dengan dua pokok kandungan makna. Selengkapnya »

Motivasi Belajar

Dalam dunia pendidikan, terutama dalam kegiatan belajar, seperti yang sudah saya bahas dalam tulisan terdahulu, bahwa kelangsungan dan keberhasilan proses belajar mengajar bukan hanya dipengaruhi oleh faktor intelektual saja, melainkan juga oleh faktor-faktor nonintelektual lain yang tidak kalah penting dalam menentukan hasil belajar seseorang, salah satunya adalah kemampuan seseorang siswa untuk memotivasi dirinya. Selengkapnya »